Mengajak siswa untuk berfikir ataupun memperhatikan kita
sangatlah sulit, dengan kesulitan ini maka banyaklah guru-guru yang acuh tak
acuh akan keadaan siswanya ikut aktif dalam pengajarannya atau tidak,
karena tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengajak anak untuk berfikir bersama saat proses belajar mengajar. mengajak anak untuk memperhatikan sangatlah mudah, jika kita ingin berusaha untuk selalu perhatian kepada anak didik dan memberikan rasa empati kepada anak didik. Berikut ini prinsip-prinsip mengajak berfikir siswa :
karena tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengajak anak untuk berfikir bersama saat proses belajar mengajar. mengajak anak untuk memperhatikan sangatlah mudah, jika kita ingin berusaha untuk selalu perhatian kepada anak didik dan memberikan rasa empati kepada anak didik. Berikut ini prinsip-prinsip mengajak berfikir siswa :
1. Aktif
Cobalah beri siswa anda kesempatan untuk mengeksplorasi
ide-ide enggunakan bermacam-macam alat berfikir untuk memperhitungkan semua
gaya pembelajaran.
2. Berarti
Sebuah pelajaran yang berarti akan meminta keterlibatan dan
dikenang. Cobalah membuat hubugan jelas antara fokus keterampilan pelajaran dan
kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menantang
Sebuah pelajarang yang menantang akan mengubah fikiran.
Idenya adalah memberikan siswa-siswa anda sebuah tantangan kognitif yang tidak
terlalu hebat sehingga menyebabkan kewalahan, tetapi juga tidak terlalu enteng
sehingga membosankan. Para siswa akan bekerja pada batas pengertian mereka.
4. Kolaboratif
Kita belajar dari orang lain, jadi kolaborasi itu masuk
akal. Para siswa akan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil menggunakan
pendekatan mereka sendri. Peran anda adalah mendukung mereka mengeksplorasi
perbedaan-perbedaan mereka dalam pendapat dan interpretasi.
5. Termediasi
Tantanglah siswa-siswa anda untuk berfikir sebanyak mungkin
secara mandiri. Cobalah untuk mengambil peran sebagai penuntun dan penasihat,
bukan sebagai ahli atau guru.
6. Pada saat-saat tertentu dalam pelajaran, para pelajar
memikirkan tentang pikiran mereka. Tugas anda adalah untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu siswa untuk mencari tahu apa yang
telah mereka pelajari, bagaimana mereka mempelajari, dan kapan hal itu mungkin
berguna bagi masa depan.
sumber : buku strategi pengajaran berfikir, oleh Anne De
A'echevarria, & lan Patience.
0 Response to "6 Prinsip Untuk Mengajak Berfikir Siswa"
Posting Komentar